Rabu, Maret 17, 2010

Perencanaan Strategi Pemasaran

1. Area Perencanaan Strategi
Ada 3 area utama dalam perencanaan strategis yaitu :
a. Bisnis perusahaan harus dikelola seperti portofolio investasi.
b. Potensi keuntungan masa depan setiap bisnis harus dinilai secara akurat dengan mempertimbangkan tingkat pertumbuhan pasar dan posisi serta kesesuaian perusahaan.
c. Menentukan strategis

2. Tingkatan Organisasi :
 a. The corporate level
 b. The product level
 c. The business unit level
 d. The division level

3. Perencanaan strategis tingkat korporat dan divisi :
 Semua kantor pusat / perusahaan melakukan 4 kegiatan perencanaan yaitu :
 a. Menetapkan misi perusahaan.
 b. Menyusun unit bisnis strategis (SBU).
 c. Mengalokasikan sumber daya bagi setiap SBU.
 d. Merencanakan bisnis baru atau menghentikan bisnis yg lama.

4. Menetapkan bisnis dan misi perusahaan, pernyataan misi merupakan sebuah pernyataan tujuan organisasi. Menetapkan unit bisnis strategis, bisnis berdasarkan pasar dipandang perusahaan proses memuaskan pelanggan, proses memproduksi barang.

5. Menetapkan Unit bisnis strategis (SBU)
    Ada 3 karakteristik yaitu :
   a. SBU merupakan bisnis tunggal atau kelompok bisnis terkait yg dapat direncanakan terpisah dari bagian lain perusahaan.
   b. SBU memiliki kelompok pesaingnya sendiri.
   c. SBU memiliki manajer yg bertanggung jawab atas perencanaan strategis dan kinerja laba serta mengendalikan sebagian besar faktor yg mempengaruhi laba.

6. Mengalokasikan sumber daya pada setiap SBU :
    Tujuan identifikasi SBU perusahaan adalah untuk memberikan sasaran perencanaan strategis dan pendanaannya pada masing - masing unit.
    Ada 2 model evaluasi portofolio bisnis yg paling terkenal yaitu : Model Boston Consulting Group (BCG) dan Model General Electric (GE).

7. Faktor - faktor yg melandasi daya tarik pasar dan posisi kompetitif :
    a. Pangsa pasar
    b. pertumbuhan pangsa pasar
    c. Kualitas produk
    d. Reputasi merek
    e. Jaringan distribusi
    f. Efektivitas promosi
    g. Kapasitas produksi
    h. Efisiensi produksi
    i. Biaya per unit
    j. Pasikan material
    k. Kinerja R&D
    l. Personalia manajemen

8. Kekuatan bisnis dapat diukur dengan beberapa faktor dibawah ini :
    a. Ukuran pasar keseluruhan
    b. Tingkat pertumbuhan pasar tahunan
    c. Marjin laba
    d. Intensitas persaingan
    e. Kebutuhan teknologi
    f. Pengaruh inflasi
    g. Kebutuhan energi
    h. Pengaruh lingkungan sosial / politik / hukum

0 komentar: