Sabtu, Juni 12, 2010

Sejarah Sepak Bola

Kemarin saya membaca koran bola mengenai Sejarah Sepak Bola di Dunia, artikel ini cukup menarik bagi saya. Berikut saya ulas kembali isinya.....
Kenapa sepak bola menjadi olahraga paling populer di dunia? Salah satu jawabannya : olahraga ini menyajikan permainan sangat indah. Sebelas pemain tampil dgn skill individu bagus, dipadu permainan tim menarik. Jadilah mereka tim yg terorganisir. Itu pula yg membuat sepak bola mendunia dan digemari semua lapisan masyarakat.
Namun, bagaimana sejarah kelahiran olahraga permainan ini ? Memang masih menjadi perdebatan. Di satu sisi ada yg menyebutkan olahraga ini muncul sejak masa Romawi. Namun, ada juga yg mengatakan sepak bola lahir di negeri China. Dan, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) lebih condong ke pemikiran kedua. Mereka secara resmi menyebutkan bahwa permainan ini lahir di negeri Tiongkok. Olahraga ini disebut sebagai permainan masyarakat China pada abad 2-3 SM yg disebut Tsu Chu.
Konon, pada masa pemerintahan Dinasti Han pada tahun 206 SM, masyarakat China telah bermain bola yg disebut Tsu Chu berarti menendang, Chu berarti bola dari kulit. Dan saat itu bolanya terbuat dari kulit binatang. Mereka menendang, menggiring, dan memasukkan bola ke jaring yg dibentangkan diantara 2 tiang. 
Tapi apapun terlepas mana yg menjadi cikal bakal lahirnya sepak bola, Inggris tetap menjadi sebagai tempat kelahiran sepak bola modern yg kini bermain dgn 11 pemain. Terbukti, pada tahun 1857 berdiri klub sepak bola pertama di dunia, yaitu Sheffield Football Club. Bahkan pada tgl.26 Oktober 1863 berdiri asosiasi sepak bola Inggris Football Association (FA)

0 komentar: